Friday, June 10, 2011

Property | Renovasi

Kamar Mandi Tamu Di Bawah Tangga

Oleh Kevin

TANGGA yang wajib ada di rumah berlantai 2 atau lebih, umumnya menghabiskan ruang yang cukup besar. Karena itu, saying jika area di bawah tangga tidak dimanfaatkan. Sebuah fungsi yang sering ditempatkan di bawah tangga yaitu kamar mandi. Bisanya, di area ini dimanfaatkan sebagai kamar mandi kecil untuk tamu, agar tamu tidak perlu masuk ke dalam kamar mandi pribadi pemilik rumah.

Sebelum memutuskan membuat kamar mandi di bawah tangga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.



Ukur ketinggian langit-langit di area bawah tangga tersebut. Untuk membuat kamar mandi yang nyaman, setidaknya orang harus dapat berdiri tegak di dalamnya. Ketinggian yang nyaman sekitar 2m. Karena tangga tidak sama tinggi, ada bagian langit-langit yang lebih rendah dibandingkan bagian lainnya. Manfaatkan bagian yang rendah ini sebagai area penyimpanan untuk peralatan kamar mandi, misalnya tisu atau sabun.

Kamar mandi merupakan tempat yang basah. Karena itu, buat level lantai yang lebih rendah daripada level lantai bagian luar kamar mandi tersebut. Tujuannya, apabila ada air di dalam kamar mandi, air tersebut tidak akan ke luar dan menggenangi ruang lainnya. Penurunan level lantai yang umum dibutat adalah sekitar 5 cm.

Area Bawah Tangga ukurannya mungil. Perhatikan dengan seksama soal sirkulasi udara. Usahakan ada akses masuk udara dari luar agar kamar mandi ini tidak menjadi lembab, yang menjadikannya sumber kuman dan jamur. Untuk menghemat tempat, buat bukaan berupa lubang angina berkisi-kisi agar udara tetap masuk tetapi hewan-hewan kecil terhalang.


Di Dalam Kamar Mandi, pencahayaan memegang peranan penting. Pastikan terdapat penerangan buatan di dalam kamar mandi ini. Lebih baik lagi jika memungkinkan dibuat jalan masuknya cahaya alami, seprti kaca yang terhubung ke luar rumah, karena cahaya matahari dapat membantu menghalau kelembaban dan kuman.

Perhatikan Fungsi di kamar mandi ini. Karena letaknya di bawah tangga, tidak semua fungsi kamar mandi dapat diakomodasi. Bagi sebuah kamar mandi tamu, yang terpenting adalah keberadaan kloset dan wastafel. Ini karena tamu umumnya hanya menggunakan kamar mandi ini untuk buang air dan mencuci tangan.

Informsi lebih lanjut, silahkan log on di : BilikBagus.Blogspot.Com


No comments:

Post a Comment