Friday, June 3, 2011

Ornamen | Hiasan Dinding

Ubah Tampilan Ruang Dengan Hiasan Dinding
oleh Kevin

HIASAN dinding tak semata dapat digunakan untuk menghias ruangan, tetapi juga untuk menutup kerusakan dinding, sebagai bentuk memorabilia atau menonjolkan satu bagian tertentu.

Tentuk saja dibutuhkan kreativitas untuk dapat meramu hiasan-hiasan tersebut agar malah tidak terkesan berantakan. Untuk ruangan berukuran kecil, misalnya, yang selain menggunakan warna-warna yang cerah, dapat juga menambah elemen berupa berupa garis horizontal agar ruangan terlihat lebih luas. Hiasan dinding yang dipilih pun sebaiknya yang memiliki elemen horizontal, seperti pegunungan, pantai, dan lain sebagainya yang dapat membuat ruangan tampak lebih luas.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghias ruang sempit adalah menggunakan cermin yang cukup besar pada salah satu dinding. Pantulan cermin memeberi gambaran seolah masih terdapat ruangan lain di balik cermin.

Sementara itu, untuk mengisi dinding kosong pad ruang yang luas, beberapa pigura kecil berisi foto-foto keluarga atau perjalanan anda ke tempat-tempat yang unik bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi patut dicatat, sebelum memajang foto di dinding rumah, cermati keseluruhan dekorasi ruang, mulai dari warna dinding hingga perabot-perabot yang ada di dalam. Usahakan agar foto-foto tersebut selaras dengan tema ruangan.

Sebaiknya gunakan bingkai yang sejenis, seperti kayu, besi, atau material lainnya. Hal ini dimaksudkan agar tampilan foto-foto saat dipasang di dinding tidak terlampau rumit, dan foto-foto tersebut bisa lebih mudah untuk dinikmati.

Selain foto, hiasan dinding berupa kerjinan tangan khas daerah bisa menjadi sebentuk memorabilia yang akan mengingatkan pengalman saat berwisata atau pergi ke daerah asal hiasan tersebut.

Di samping itu, benda-benda peninggalan atau barang-barang yang unik dapat juga menjadi hiasan dinding atau bahkan point of interest sebuah ruangan. Ambil contoh, sendok kayu dan sendok nasi dari batok kelapa bisa menjadi hiasan menarik di dapur, apalagi jika dipadukan dengan perangkat lain yang tak kalah unik dan menarik. Selamat berkreasi!









No comments:

Post a Comment