Wednesday, July 20, 2011

Ornamen | Furniture

Kreatif Dengan Memanfaatkan Barang Sisa

Oleh Kevin

Mendesain dan menciptakan interior yang nyaman tak selamanya harus merogoh kocek yang dalam. Dengan memanfaatkan barang sisa plus kreativitas diri, akan tercipta barang atau furniture bagus, berkualitas, dan kokoh.

Bagi anda pencinta buku, tentu mengidamkan rak buku yang kokoh, kuat, dan bisa menampung buku yang banyak. Sayangnya, untuk mendapatkan furniture idaman khususnya  rak yang sesuai dengan kondisi kantong tak semudah membalikkan telapak tangan.

Akibatnya, buku sering kali teronggok begitu saja di lantai yang lembab. Padahal jika kondisis ini dibiarkan akan memberikan efek yang buruk buat buku.

Sebetulnya hal ini tak perlu terjadi jika saja anda pandai memanfaatkan barang bekas yang berada si sekitar rumah. Sisa kayu, rotan, atau bamboo jika dijalin dengna bantuan paku dan sedikit kreativitas bisa dijadikan rak yang cukup kokoh.

Selain itu, beberapa tempat di Jakarta juga banyak yang menjual kayu sisa peti kemas yang biasa dikenal dengan sebutan jati belanda. Pedagang kayu asal Madura ini banyak terlihat di daerah pinggiran . umumnya kayu-kayu papan tersebut sudah diserut halus. Dan ukurannya pun cocok untuk dijadikan rak buku.

Untuk modelnya, anda bisa meniru desain-desain yang ada di majalah interior atau artikel artikel yang ada di situs online yang ada di internet atau  di bilikbagus.blospot.com atau ornamenlandscape.blogspot.com. lalu desain tersebut bisa bisa dimodifikasikan sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jika anda membutuhkan ruang berlaci untuk menyimpan pembatas buku atau klip kertas, sediakan laci kecil untuk menyimpannya di sudut rak paling bawah.

Sebagai finishing-nya, anda bisa menggunakan pelitur atau cat warna-warni. Pilihan warnanya bisa disesuaikan dengna cat dinding di mana rak tersebut akan diletakkan.

Jika anda tak punya waktu untuk memaku kayu, mintalah bantuan penjual kayu bekas peti kemas untuk mencarikan tukang yang memang terbiasa membuat furniture atau rak buku. Dengan begitu, banyak rupiah yang bisa dihemat ketimbang membeli furniture atau rak buku siap pakai.

No comments:

Post a Comment